Edit ByAnginSelatan

KABUPATEN FAKFAK - PAPUA BARAT

Jika anda akan melakukan perjalanan ke bagian timur Indonesia, jangan lupa untuk mampir ke Kota Fakfak yang merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi Papua Barat. Fakfak saat ini mungkin lebih dikenal sebagai kota penghasil buah pala, namun sebenarnya Fakfak memiliki hasil perkebunan lain seperti Kelapa, Kakao, Cengkeh, Jambu Mete dan Kopi serta hasil perkebunan lainnya. Dengan 9 Distrik yang dimilikinya, saat ini pemerintah Kabupaten Fakfak sedang berusaha membangkitkan ekonomi daerahnya dengan membangun sebuah kota baru yang direncankan akan menjadi pusat perekonomian Fakfak yaitu Kawasan Bomberay. Di kawasan itu nantinya akan dibangun lapangan terbang ber-taraf internasional sehingga transportasi akan semakin lancar sebagai modal untuk membangkitkan perekonomian di Fakfak.
 
Di bidang Pariwisata, Fakfak memiliki potensi pariwisata yang dapat dikembangkan dan menjadi objek wisata yang dapat menarik wisatawan antara lain seperti Goa Jepang yang berada di Distrik Kokas, sekitar 44 Km dari Kota Fakfak. Goa Jepang merupakan salah satu basis pertahanan tentara Jepang pada saat perang dunia ke-2 berlangsung ketika melawan tentara sekutu. dan menawarkan pemandangan yang Indah untuk dinikmati dari ketingian puncak gunung di Kokas.
 Pemandangan dari atas Bukit Pertahanan Jepang
di distrik Kokas, Kab. Fakfak
 

Pemandangan lain yang tidak kalah menarik anda saksikan adalah suasana keindahan alam Fakfak yang menarik untuk di lihat, seperti anda saksikan berikut yaitu di sekitar Kampung Sungai, Gwerpe, Fakfak.

 
 Kampung Sungai, Gwerpe, Kabupaten Fakfak

 Pelabuhan Laut Fakfak

Namun demikian anda pun harus bersiap-siap karena kota Fakfak sendiri terletak di atas perbukitan dan sudah tentu lapisan tanahnya adalah batu-batu karang yang keras sehingga janganlah heran jika pada musim kemarau, anda akan kesulitan air. Saya terpaksa harus mencuci ke sungai terdekat yang jaraknya sekitar 8 sampai dengan 9 Km. Demikian juga dengan listrik dimana ada saat-saatnya dimana listrik padam secara bergiliran, sunggguh sangat ironis jika anda adalah seorang yang senang menggunakan alat-alat elektronik karena alat-alat elektronik anada akan lebih banyak menganggur.

Cuaca di Fakfak jika pada siang hari cukup panas berkisar sekitar 30-32 derajad Celcius sedangkan pada malam hari cuaca cukup dingin. Masyarakat di Fakfak terdiri dari masyarakat asli Fakfak dan masyarakat pendatang antara lain berasal dari Seram, Ternate, Ambon, Kepulauan Kai, Jawa, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan lain sebagainya. Pada umumnya masyarakat Fakfak sangat ramah terhadap siapapun yang datang di Fakfak, hal ini sudah berlangsung lama, oleh karena itu sejalan dengan semangat masyarakat Fakfak adalah "Satu Tungku Tiga Batu" (Satu hati, Satu saudara).

Anda yang akan datang ke Kota Fakfak jika berangkat dari sebelah barat Indonesia dengan jasa pesawat terbang, anda bisa transit di Ambon dan dari Ambon meneruskan perjalanan menggunakan pesawat Wings, Ekspress ataupun Merpati. Jika anda dari arah timur, dapat transit di Ambon. Jika anda menggunakan jasa transportasi laut anda bisa menggunakan kapal laut KM. Nggapulu, KM. Tatamailau dan KM. Ciremai.

Salah satu tempat wisata keluarga di Kp. Air Besar
Kabupaten Fakfak
 
Salah satu alat tranportasi udara di Bandar Udara Torea, 
Kabupaten Fakfak
 
Salah satu kapal yang masuk ke Pelabuhan Fakfak
 
Demikian gambaran singkat tentang Kota Fakfak Kota Pala, semoga bermanfaat bagi anda yang memiliki hobby traveling.

R35a.
Sumber : Blog INFO ANDA

1 comment:

Search

Custom Search